Microsoft dan Yahoo Nikah?


Setelah melalui negosiasi yang cukup panjang, akhirnya Microsoft dan Yahoo memutuskan untuk bekerja sama. Kedua perusahaan raksasa ini akan bekerja sama untuk berusaha mengalahkan raksasa internet lainnya, Google. Kerja sama ini disepakati akan berlangsung selama 10 tahun. Sebuah waktu yang cukup lama.

Dengan diumumkan kerja sama antara dua raksasa internet dunia ini, maka akan terjadi beberapa perubahan pada masing-masing perusahaan. Yahoo akan segera menutup service search engine dan setelah itu mereka akan menggantinya dengan search engine Bing milik Microsoft. Dengan kata lain, Microsoft akan menjadi rumah baru bagi teknologi search engine Yahoo.

Microsoft Bing adalah search engine baru keluaran Microsoft. Dengan kerja sama ini, berdasarkan data yang dilansir oleh comScore (sebuah perusahaan yang menyediakan data marketing), Microsoft akan menguasai 8% hingga 28% pasaran search engine di Amerika. Nilai tersebut masih kecil dibandingkan dengan besar pasaran yang dimiliki oleh Google, yaitu 65%. Layak ditunggu usaha kedua perusahaan raksasa internet untuk mengalahkan Google.

Apa saja yang didapatkan oleh Yahoo dari kerja sama ini? Tidak tanggung-tanggung, keuntungan sebesar 88% dari pendapatan iklan yang berasal dari pelanggan yang mengakses dari layanan pencarian di website Yahoo selama lima tahun pertama. Selain itu, Yahoo juga dapat menaruh iklan-iklan eksklusif mereka di website Microsoft.

Namun, kerja sama ini tidak bisa langsung berjalan. Setidaknya Microsoft dan Yahoo harus menunggu hingga tahun 2010. Mereka harus menunggu keputusan regulator antimonopoly di Amerika. Untuk seluruh dunia, kerja sama tersebut bisa menghabiskan waktu hingga dua tahun berikutnya.

Source : Various

Author : Deliusno


0 komentar: