Ingin Lebih Nyaman Dalam Mengikuti Forum?

Banyak hal yang dapat dilakukan di dalam dunia internet, baik itu browsing, mengirimkan email, chatting, berinteraksi dalam forum dan masih banyak lagi. Tapi tahukah Anda, untuk berinteraksi dengan pengguna internet lain tetap diperlukan etika, sama seperti dalam kehidupan sehari-hari?


Forum chip.co.id

Satu hal yang harus diingat, interaksi dalam dunia Internet tetap dilakukan antar manusia. Walaupun dunia internet adalah dunia maya, harus disadari yang menjalani dunia tersebut adalah manusia. Mengenal mau pun tidak pengguna internet lainnya tentu harus kita jaga perasaan individu lain. Ada beberapa etika dalam mengirimkan pesan, baik itu melalui email mau pun postingan dalam forum yang dapat Anda perhatikan.

1. Jangan menggunakan huruf kapital. Penggunaan huruf kapital (selain awal nama atau awalan suatu kalimat) dapat diartikan “teriak-teriak”. Dengan kata lain, penggunaan huruf kapital dapat diartikan bahwa Anda sedang berteriak-teriak ke orang lain. Tentu Anda tidak menyukai ada yang sedang berteriak di sebelah Anda bukan?

2. Jangan melakukan flaming. Dengan melakukan flaming, user lain dapat terpancing emosinya. Apabila sudah dipenuhi posting yang dipenuhi dengan emosi, maka akan menciptakan lingkungan yang tidak kondusif lagi untuk berdiskusi.

3. Postingan Anda sebaiknya sesuai dengan fakta yang ada. Anda dapat menyertai bukti untuk postingan Anda tersebut agar tidak dipertanyakan orang lain.

4. Hindari postingan “one line”. One line biasanya tidak informatif, juga ada anggapan bahwa orang yang melakukan ini hanya mengejar perhitungan postingan (+1), untuk itu lebih baik Anda menghindari “one line”.

5. Pelajarilah karakteristik forum yang ingin Anda ikuti sebelum Anda melakukan posting. Perhatikan peraturan tertulis maupun peraturan tidak tertulis yang ada di forum, demi menciptakan suatu tempat berdiskusi yang kondusif.

6. Jangan Out of Topic (OOT). Jangan posting pesan Anda yang tidak sesuai dengan topik. Pelajari dulu apa yang sedang dibicarakan pada forum itu, dan pikirlah terlebih dahulu sebelum Anda posting.

Dengan memperhatikan etika-etika di atas ini, diharapkan Anda dapat lebih nyaman dalam berkomunikasi di Internet. Selamat mencoba!


Source : Various Source
Author : Del


0 komentar: